Tuesday, October 12, 2010

kalimat fakta dan opini

Didalam setiap wacana pasti terdapat opini dan fakta, untuk itu saya akan memaparkan arti dari opini dan fakta dan contoh-contohnya. Mari kita mulai saja.

Fakta :
  • Umumnya bersifat objektif,
  • Dilengkapi data otentik berupa angka dan bukti tentang objek/peristiwa,
  • Umumnya berisi jawaban atas pertanyaan siapa, kapan, dimana, dan berapa.
  • Acuan peristiwa terjadi pada masa lampau dan sekarang.
contoh kalimat fakta :
- Hari minggu kemarin saya dan keluarga pergi bertamasya ke Bali.
- Pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia menyatakan kemerdekaannya.
- Jadwal masuk SMA Plus YPHB adalah pukul 07.00 dan siswa diberi toleransi sampai pukul 07.10.
- Berdasarkan data, pengidap HIV/ AIDS di Indonesia sampai dengan 30 september 2003, tercatat sebanyak 3.924 kasus.
- Harta komjen timur naik 110%.
- Siswa Nadya Oktaviani mendapat gelar juara dalam kompetisi sains tingkat internasional dan membawa pulang mendali emas.

Opini :
  • Umumnya bersifat subjektif,
  • Berupa saran, pendapat, dan ramalan tentang sebab atau akibat terhadap objek/peristiwa,
  • Umumnya berisi jawaban atas pertanyaan mengapa dan bagaimana.
  • Acuan peristiwa terjadi pada masa yang akan datang.
Contoh kalimat opini :
- Pemaparan yang telah dia berikan sangatlah bermanfaat.
- Osteoporosis umumnya menyerang lansia.
- Kota Bogor dijulukin kota seribu angkot karena banyaknya angkot.
- Sepertinya saya akan menjadi juara kelas tahun ini.
- Menurut saya, pelajaran hari ini terasa sangat menyenangkan.
- Saya tidak mengerti dengan penjelasan yang telah anda berikan.

No comments:

Post a Comment